kop

Iklan Halaman Depan

BUTONMAGZ, media online yang tepat untuk mempromosikan usaha Anda. hubungi 082296017297. Kami menyediakan iklan baris dengan paket murah. Rp. 100 ribu per pekan.

Ruksamin Menenun Ikatan Persaudaraan dengan Raja dan Warga Adat Moronene

Ketua DPW PBB Sultra Ruksamin (Kanan) saat bincang-bincang bersama Raja Moronene Mokole Alfian Pimpie (Kiri), Jumat (29/4). (foto Kdipos)

BUTONMAGZ---Keharmonisan persaudaraan yang menjadi penciri pergaulan H. Ruksamin, Bupati Konawe Utara saat ini - tampaknya terus menapak langkah ke area yang lebih luas.

Sebagai seorang politisi dan ketua partai level provinsi, Ruksamin dituntut menyediakan waktu ektra, mengurus rakyat Konawe Utara, dan menyiapkan masa depan Sultra lewat partai yang dipimpinnya-Partai Bulan Bintang. Apalagi, Pemilu sudah di ambang gerbang. Bonusnya, Ruksamin pun terhitung sebagai figur potensial di kepemimpinan Sulawesi Tenggara pasca duet Ali Mazi-Lukman Abunawas.

Ruksamin menapak jalan politiknya tentu tak diragukan publik Sultra, selain dikenal sebagai peraih gelar doktor di bidang teknik dan insinyur profesional utama, ia juga punya talenta sederhana, menyatu dengan banyak kalangan hingga duduk bersila dengan aktivis dan kaum marginal, menyeruput kopi dalam canda dan penuh persaudaraan. Ruksamin memang pantas dihitung.

Seperti Jumat kemarin 30 April 2022. Ia menyambangi warga kabupaten Bombana di Rarowatu – salah satu pusat peradaban kerajaan Moronene masa lalu. Ia menjadi undangan adat di sana, disambut secara adat pula dengan penuh persaudaraan dari seorang titisan Raja Moronene, Mokole Alfian Pimpie di keiamannya di Desa Lakomea Kecamatan Rarowatu Kabupaten Bombana.

“Undangan silaturahim saja, tetapi saya disambut dengan penuh keramahan dan penuh kasih. Saya seperti menenun kembali ikatan persaudaraan dengan raja Moronene dan warga adat di sana, terima kasih atas penghormatan ini,” kata Ruksamin.

Di kediaman Raja Moronene, sambutan dilakukan dengan prosesi adat, ia memasukkan kaki kanan ke dalam wadah khusus yang disiapkan para sesepuh. Terdapat pula bentangan kain berwarna putih di atas tanah yang akan dilalui tamu kehormatan Raja Moronene ini.

Membagikan Paket Sembako (foto Kdi Pos)

Bahkan sebagai bentuk rasa syukur dan penghargaan warga, dilakukan pula prosesi penyembelihan seekor sapi. “saya begitu menjunjung tinggi penghormatan ini, apalagi dilakukan dalam bulan suci Ramadhan. Tentu bernilai sangat tinggi. Tetapi intinya ini bentuk ikatan persaudaraan dan jalinan tali silaturrahim yang tiada terputus, alhamdulillahi rabbil alamin,” kata Ruksamin dengan suara rendah.

Bagi Ruksamin, ia menilai sarana penyambutan seperti ini adalah hal yang patut ditumbuhkembangkan dalam keragaman ummat manusia dewasa ini. Mengandung hasrat penuh keharmonisan yang bermuara pada kebersamaan dan kekompakan yang kuat.

Bupati Konut dua periode ini berharap, silaturahim bersama warga Moronene senantiasa terawat dan terus ditumbuhkan.

“Nilai-nilai tersebut sangat penting, dalam tatanan bermasyarakat dan pembangunan daerah, sekaligus menunjukkan begitu kayanya Nusantara dalam adat dan budayanya, juga sebagai lokal genius masyarakat yang harus di jaga dan dikembangkan" ujarnya.

Antusiasme warga menyambut Ruksamin di Lakomea Rarowatu (foto : Kdipos)

Sebagai bentuk tali asih, Ruksamin ikut membagikan 1500 paket sembako kepada warga, sebagai kepedulian dalam membantu ekonomi warga. “Mungkin nilainya tidak seberapa, tetapi ini cara yang bisa dilakukan oleh siapapun agar selalu tumbuh kepedulian dan kebersamaan,” imbuhnya.

Kepada warga di sana, Ruksamin juga menyampaikan agar rasa persatuan dan kesatuan senantiasa di pupuk di tengah keberagaman anak negeri. Meminta pula agar khazanah kekayaan adat negeri terus dilestarikan, dikembangkan sebagai warisan leluhur yang adiluhung. (red)

Posting Komentar

0 Komentar


Memuat...