kop

Iklan Halaman Depan

BUTONMAGZ, media online yang tepat untuk mempromosikan usaha Anda. hubungi 082296017297. Kami menyediakan iklan baris dengan paket murah. Rp. 100 ribu per pekan.

Lulusan 5 Jurusan Kuliah Ini Banyak Dibutuhkan di Era Metaverse


BUTONMAGZ---Selain memahami minat dan bakat, mengetahui prospek karier bisa menjadi pertimbangan calon mahasiswa dalam memilih jurusan kuliah. Terlebih, mulai lima tahun ke depan banyak pekerjaan yang diprediksi akan tergantikan oleh mesin karena semakin pesatnya teknologi. Sehingga bagi kamu siswa kelas 12 yang sedang memilih jurusan kuliah, prospek kerja di tahun 2025 menjadi hal juga perlu dipertimbangkan.

Dirangkum oleh DQLab Universitas Multimedia Nusantara (UMN) yang disadur dari pemberitaan Kompas.com pada 1 April 2022,  terdapat beberapa pilihan jurusan yang bisa kamu pilih karena lulusannya banyak dibutuhkan oleh perusahaan di era metaverse.

1.    Teknik Informatika (TI)
Di era digital, jurusan Teknik TI kini semakin dibutuhkan oleh beberapa perusahaan dan salah satu jurusan yang paling umum dekat dengan Data Science.

Secara umum, perusahaan menggunakan data-driven akan membutuhkan kemampuan akademis untuk membantu memproses serta menganalisis data dengan baik. Umumnya jurusan ini akan mempelajari mengambil dan mengolah Big data serta mempelajari ilmu seputar Data Science.

Mengingat, hampir seluruh lini perusahaan sudah menerapkan data-driven, maka dibutuhkannya seorang lulusan jurusan TI untuk membantu mengolah dan mengolah data dengan baik serta membantu mencari solusi.

2.    Ilmu Komputer
Adapun jurusan lainnya yang akan sangat dibutuhkan di era metaverse, yaitu Ilmu Komputer. Studi Ilmu Komputer merupakan jurusan yang menggunakan komputer dan proses komputasi untuk membangun sebuah situs web, data mining, dan juga merancang dengan menggunakan analisis matematis.

Pada era metaverse, seorang yang memiliki latar belakang pendidikan Ilmu Komputer akan membantu perusahaan untuk melakukan sebuah experience yang menggunakan kekuatan komputasi (computing).

Dengan demikian, studi Ilmu Komputer akan sangat dekat pengetahuan Data Science serta prinsip-prinsip ilmu komputer dan kinerja komputer.

3.    Desain Komunikasi Visual
Di industri digital tidak hanya data dan penerapannya saja yang dibutuhkan, namun juga dibutuhkannya seorang yang dapat merancang sebuah busana, aksesoris hingga desain visual unik yang digunakan dalam dunia metaverse.

Pada Jurusan Desain Komunikasi Visual mahasiswa akan belajar konsep komunikasi dan mengungkapkannya secara visual dengan menggunakan beberapa elemen-elemen kreatif dengan tujuan tertentu, seperti mempelajari menafsirkan makna warna atau bentuk gaya hingga membuat desain untuk web yang interaktif.

4.    Ilmu Komunikasi
Studi Ilmu Komunikasi kini menjadi studi yang semakin penting di berbagai organisasi, dan bahkan menjadi jurusan yang memiliki banyak peminat serta perhatiannya di era digital ini.

Kini, ada istilah lain dalam studi ilmu Komunikasi yaitu Digital Marketing. Di mana para digital marketer akan memasarkan produk atau layanan serta memberikan informasi melalui kanal digital dengan menggunakan Big Data.

Salah satu kompetensi yang dimiliki untuk mengolah data agar mendapatkan matrik dan insight yaitu menggunakan microsoft Excel. Dengan kamu andal menggunakan tools Excel, menjadi nilai tambahan nantinya ketika kamu siap berkarir di era metaverse atau bidang data.

5.    Cyber security
Jurusan cyber security atau keamanan siber menjadi jurusan yang sedang kekinian di era digital. Pada umumnya, studi cyber security berhubungan dengan bidang IT seperti mempelajari data terstruktur, networking programming, ilmu matematika dasar, dan lainnya. Sehingga jurusan ini akan lekat dengan penggunaan data di ruang virtual dan bidang Data Science.

Mengetahui bahwa di ruang virtual tidaklah sepenuhnya aman, maka perusahaan atau organisasi akan membutuhkan seorang yang memiliki latar belakang dari jurusan cyber security untuk membantu menghindari kejahatan di ruang cyber dan membuat sebuah arsitektur pertahanan cyber.  (Kompas)

Posting Komentar

0 Komentar


Memuat...