kop

Iklan Halaman Depan

BUTONMAGZ, media online yang tepat untuk mempromosikan usaha Anda. hubungi 082296017297. Kami menyediakan iklan baris dengan paket murah. Rp. 100 ribu per pekan.

KNPI dan Dikbud Sultra gelar Gerakan Massal Siswa Produksi Minyak Goreng di Sultra

Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi (tengah) saat meninjau pembuatan minyak goreng dari bahan baku kelapa oleh siswa di SMKN 1 Kendari, Sabtu 2 April 2022. (ANTARA/Harianto)

BUTONMAGZ---Ribuan siswa SMA dan SMK se-Sulawesi Tenggara terlibat aksi memproduksi minyak goreng dari bahan kelapa sebagai alternatif minyak goreng di pasaran yang harganya tengah melonjak setelah sebelumnya langka. Dipusatkan di SMKN 1 Kendari, aksi diklaim diikuti serentak siswa SMA dan SMK di 17 kabupaten/kota di provinsi itu.

"Ini gerakan darurat karena sebentar lagi mau puasa, takutnya nanti minyak goreng tidak bisa menyokong kebutuhan ibu-ibu di rumah," kata Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Tenggara Alvin Akawijaya Putra, di SMKN 1 Kendari, Sabtu 2 April 2022.

Alvin menerangkan aksi gerakan memproduksi minyak goreng secara tradisional menggunakan bahan baku kelapa dilakukan dengan menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara.

Gagasannya adalah membantu mengatasi permasalahan minyak goreng sekaligus sebagai bentuk pendidikan historis praktis bagi para pelajar. "Ini bukan solusi tetapi alternatif karena kalau solusi tentu dengan menurunkan harga minyak goreng," ujar Alvin.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara Asrun Lio menilai upaya yang dilakukan KNPI sangat tepat. Dia memperkirakan ada lebih dari 12 ribu liter minyak goreng dari kelapa yang bakal dihasilkan hanya dari aksi hari ini saja. "Gerakan ini bisa mengatasi kelangkaan minyak goreng di Sulawesi Tenggara dan Indonesia," katanya. (red)

Posting Komentar

0 Komentar


Memuat...