kop

Iklan Halaman Depan

BUTONMAGZ, media online yang tepat untuk mempromosikan usaha Anda. hubungi 082296017297. Kami menyediakan iklan baris dengan paket murah. Rp. 100 ribu per pekan.

Gubernur Sultra : “Di Baubau, Ini Musrenbangprov Bersejarah di Sultra”

Gubernur Sultra Ali Mazi saat membuka secara resmi Musrenbang Prov Sultra 2023 di Kota Baubau

BUTONMAGZ--- Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan tingkat provinsi Sulawesi Tenggara (Musrenbangprov) yang rangkaiannhya digelar sejak 28-30 Maret 2022 dan dipusatkan di Kota Baubau, menurut Gubernur Sulawesi Tenggara – H. Ali Mazi, S.H.- merupakan momentum strategis dan paling bersejarah sepanjang pelaksanaan Musrenbang berskala regional Sulawesi Tenggara.

Disebut bersejarah kata Ali Mazi, karena untuk pertama kalinya Musrenbang Provisi untuk pertama kalinya dilaksanakan di luar ibu kota provinsi, dan merupakan Musrenbang terakhir di periode RPJMD Sultra tahun 2018-2023. “Apresiasi besar buat pemerintah dan masyarakat Kota Baubau, sebab menjadi tuan rumah yang sukses dalam penyelenggaraan, dan ini pertama kali dilaksanakan di luar kota Kendari sebagai ibu kota pemerintahan,” ujarnya ssat membuka secara resmi penyelenggaraan even ini.

Sementara disebut strategis karena Musrenbang ini menjadi forum strategis untuk membahas isu-isu daerah, sehingga akan lahir program unggulan, sasaran dan program untuk dilaksanakan di tahun 2023. “karena itu saya meminta kepada semau stakeholder untuk menysusun perencanaan pembangunan ini dengan sebaik-baiknya berdasarkan usulan dan skala prioritas daerah.

Menurut gubernur, Sultra juga sangat membutuhkan pemerintah pusat, agar bisa sejajar dengan provinsi lainnya yang lebih maju di Indonesia. Oleh karena itu terdapat 4 aspek yang menjadi isu strategis bagi penyusunan perencanaan pembangunan di tahun depan, yakni; pembangunan sumber daya manusia, pembangunan dan pemulihan perekonomian pasca covid-19, tata kelola pemerintahan dan pembangunan infrastruktur dasar daerah.

“kesemuanya itu harus disesuaikan dengan tema pembangunan Sultra yang menjadi arah penyusunan kebijakan pembangunan tahun 2023, untuk mencapai sasaran pembangunan nasional dan pencapaian visi Sultra yang “aman, maju, sejahtera dan bermartabat,” tandas Gubernur.

Pada kesempatan ini Sulawesi Tenggara menyerahkan pengharagaan kepada kabupaten/kota dengan perencanaan terbaik serta OPD terbaik, masing-masing; juara I Kolaka Utara, juara II Kabupaten Buton dan juara III Kabupaten Wakatobi. Sementara toingkat perangkat kerja daerah dimenangkan Dinas PTSP Sultra sebagai juara I, juara II Dinas Lingkungan Hidup dan juara III diraih Rumah Sakit Jiwa Kendari.

Sementara itu Kepala Bappeda Sultra, J. Robert mengatakan bila Musrenbang Prov Sultra yang dipusatkan di Baubau kali ini dihadiri 1500 ASN se Sultra, yang sebelumnya di awali dengan pelaksanaan Musrenbang tingkat Kabupaten dan Kota yang di mulai di Kabupaten Muna dan berakhir di Kota Baubau.  

Hadir pula  dari Bappenas, Kemendagri, Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pariwisata. Sebelumnya Kota Baubau juga menjadi tuan rumah pelaksanaan Rakorda BPBD tingkat Prov. Sultra. Acara dipusatkan di Ballroom Tamimu Villa Nirwana Beach Baubau (red).

Posting Komentar

0 Komentar


Memuat...