kop

BUTONMAGZ, media online yang tepat untuk mempromosikan usaha Anda. hubungi 082296017297. Kami menyediakan iklan baris dengan paket murah. Rp. 100 ribu per pekan. Transfer ke Rekening ButonMagz No Rek. (135) 004 02.01.000496-6. Kirim iklan Anda ke Whatshapp 0822-9601-7297. Gunakan kesempatan ini!

Ini Sosok Pengusaha Kakap Nasional Pendiri Pabrik Gula di Bombana yang Diresmikan Presiden Jokowi

BUTONMAGZ---Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hari ini Kamis, 22 Oktober 2020 kunjungi Sulawesi Tenggara (Sultra).  Kedatangan Jokowi ini terkait kunjungan kerja peresmian Jembatan Teluk Kendari, dan peninjauan Pabrik Gula yang berdiri di Kabupaten Bombana.

Soal Jembatan Teluk Kendari, diketahui memang proyek mercusuar APBN yang kini melambungkan nama Kota kendari sebagai salah satu pemilik jembatan ‘golden gate bridge’ di Timur Indonesia. Namun, soal pabrik gula di Bombana, publik Sultra tak banyak mengenalnya, kecuali yang berdiam di kawasan itu.

Pabrik gula di Bombana itu adalah investasi dari PT Jhonlin milik investor Haji Isyam, seorang pengusaha kelas kakap nasional yang sebelumnya banyak berkiprah di Kalimantan Selatan. Siapa sebenarnya  Haji Isyam itu?

Data yang diperoleh Butonmagz dari Warta Ekonomi, menyebutkan Haji Isyam bernama lengkap Andi Syamsuddin Arsyad, seorang pengusaha kaya raya asal Bone, Sulawesi Selatan kelahiran Batulicin 1 Januari 1977. Sebelumnya dikenal sebagai pengusaha tambang batu bara di Batu Licin, Kalimantan Selatan.

Haji Isam, sapaan akrab Andi Syamsuddin Arsyad, dan keluarganya dikenal sebagai pengusaha kelas kakap di tingkat nasional. Saudaranya, Haji Leman, Haji Ijay, dan Haji Ciut adalah pengusaha yang juga disegani di dunia pertambangan.

Kesuksesannya sebagai pengusaha batu bara ternyata bukan merupakan warisan orang tua. Ia adalah pengusaha yang memulai bisinis dari garis nol. Haji Isam memulai karirnya di tanah rantau perkayuan sebagai tukang tebang, buruh muat, sopir angkutan hingga tukang ojek. Berbagai profesi dilakoni Haji Isam.

Kemudian ia beralih menjadi pekerja dari seorang pengusaha batu bara keturunan Tionghoa-Surabaya. Dari sanalah awal karirnya di dunia batu bara. Haji Isam yang kemudian memutuskan untuk berhenti bekerja dengan orang, memberanikan diri untuk memulai usahanya sendiri.

Perusahaan yang dimiliki Haji Isam di antaranya PT Jhonlin Grup, yakni PT Jhonlin Baratama, PT Jhonlin Marine and Shipping, dan PT Jhonlin Air Transport. Dari perusahan tersebut, ia bisa menambang hingga 400 ribu ton batu bara per bulan dan meraup omzet hingga Rp40 miliar per bulan.

Berikut adalah daftar perusahaan Haji Isam seperti dilansir dari Nakita.

1. PT Jhonlin Group

Perusahaan terbesar Haji Isam adalah PT Jhonlin Group yang berkantor pusat di Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Perusahaan ini memiliki beberapa linis bisnis dan unit usaha yang bergerak di berbagai bidang. Misalnya saja bidang pertambangan batu bara, jasa pelabuhan, bongkar-muat di laut lepas, dan bisnis infratsrukur.

2. PT Jhonlin Agro Mandiri


Haji Isam juga berbisnis di bidang pengolahan karet remah dan minyak sawit mentah.

3. Persewaan jet pribadi

Jet pribadi yang dimiliki Haji Isam jumlahnya cukup banyak sehingga bisa dijadikan bisnis baru khusus persewaan jet pribadi.

4. Jhonlin Racing Team

Tak sekadar hobi, Haji Isam kini menginvestasikan banyak mobil seharga miliaran rupiah hingga mesin-mesin bengkel canggih untuk timnya, Jhonlin Racing Team.

Kini, aset yang dimiliki Haji Isam diperkirakan sudah menembus angka triliunan rupiah. (**)

Posting Komentar

0 Komentar