kop

BUTONMAGZ, media online yang tepat untuk mempromosikan usaha Anda. hubungi 082296017297. Kami menyediakan iklan baris dengan paket murah. Rp. 100 ribu per pekan. Transfer ke Rekening ButonMagz No Rek. (135) 004 02.01.000496-6. Kirim iklan Anda ke Whatshapp 0822-9601-7297. Gunakan kesempatan ini!

Epu-epu, Kudapan Manis Khas dari Buton

 

BUTONMAGZ--Epu-epu merupakan kue yang berasal dari Buton, Sulawesi Tenggara. Kue ini biasanya disajikan dalam acara jamuan, acara adat, pesta pernikahan, dan acara lainnya.

Kue epu-epu terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan kelapa muda dan gula merah. pertama masak kelapa parut, gula merah, air dan garam hingga kering. Kemudian aduk tepung ketan dan garam dengan air hangat sampai kalis. Lalu bentuk adonan tepung ketan yang diisi dengan kelapa parut dengan bentuk sesuai selera. Setelah itu goreng hingga warnanya kekuningan.

Selain rasanya yang manis dan gurih, kue epu-epu ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan karbohidrat, protein, dan kalsium dalam kue ini bisa menambah energi dalam jumlah yang besar.

Kudapan tradisional ini berguna sebagai pengganti cairan tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh. Jika berkunjung ke Buton atau ke beberapa kota di Sulawesi Tenggara, kue epu-epu bisa ditemui di pasar-pasar tradisional. Atau jika penasaran, bisa mencoba membuat kue ini sendiri di rumah. Caramembuatnya mudah dan bahannya gampang ditemukan.

Dikutip dari buku Kumpulan Resep Masakan Tradisional dari Sabang Sampai Merauke, karya Badiatul Muclisin Asti & Laela, berikut resep lengkap membuat epu-epu yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan isi

50 gram kelapa muda, diparut kasar
25 gram gula merah, disisir halus
75 mililiter air
1/8 sdt garam

Bahan kulit

150 gram tepung ketan
1/4 sdt garam
110 mililiter air hangat
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat

1. Masak kelapa parut, gula merah, air, dan garam sampai kering. Sisihkan;
2. Aduk tepung ketan dan garam dengan air hangat sampai kalis;
3. Ambil sedikit adonan. Pipihkan. Beri isi kelapa. Rekatkan ujungnya bentuk oval panjang;
4. Goreng sampai kekuningan dengan api sedang. (ndr)

Posting Komentar

0 Komentar