Butonmagz.ID, media online paling menguntungkan untuk promosi usaha Anda di kawasan Kepulauan Buton. Hub. 0822-9601-7297

Pernik tenun Buton akan warnai HUT Kota Baubau



BUTONMAGZ---ulang tahun Kota Baubau ke 478 dan 18 tahun sebagai daerah Otonom pada medio Oktober 2019 ini akan menggeliatkan ekonomi kreatif warga dengan mewajibkan penggunaan pernak-pernik tenun khas Buton bagi ASN Kota Baubau. Baik digunakan dalam bentuk sarung, kampurui, hingga busana formal lainnya.

Penyampaian Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, Drs. Sadarman, M.Si menyambung informasi dari panitia HUT mengemukakan hal itu. “ditegaskan untuk digunakan pernak-pernik  tenunan Buton selama kegiatan perayaan HUT Baubau dari 12-17 Oktober 2019,” tandasnya.

Pihak Pemkot Baubau pun mengeluarkan regulasi khusus bagi setiap OPD tentang corak tenunan yang digunakan. “dikandung maksud agar semua corak dan khazanah tenun Buton terlihat keragaman dan nilai seninya. Tetapi lebih penting dari itu adalah menggeliatkan ekonomi warga, terkhusus para perajin tenunan Buton, demikian pula bagi komunitas ekonomi kreatif Kota Baubau,” imbuhnya.

Bahkan di Arena Baubau Expo 2019 yang dipusatkan di kawasan Kotamara panitia juga menyiakan stand khusus bagi para perajin unjuk kebolehan menenun, sehingga masyarakat bisa mengapresiasi langsung karya tersebut. “tentu bisa membeli atau memesan langsung tenunan itu,” imbuh Sadarman. (ref)

Posting Komentar

0 Komentar