kop

Butonmagz, media online paling menguntungkan untuk promosi usaha Anda di kawasan Kepulauan Buton. Hub. 0822-9601-7297

Semangatnya AS. Tamrin Mengawal Pemilu di Baubau



BUTONMAGZ---Minus sehari hingga ‘Hari H’ Pemilu, 16-17 April 2019, Wali Kota Baubau Dr. H. AS. Tamrin, MH selalu tampak riang. Senyum selalu tersungging kepada siapa saja yang ditemuinya, kendati raut kelelahan tampak pula di wajahnya. Pak Tamrin tentu merasa penat, sebab tiga hari berturut-turut terlihat sibuk hilir mudik, dari Rujab ke Mapolres Baubau, terus berkeliling ke berbagai tempat di kota ini.

Bahkan di hari H, Rabu 17 April 2019 usai mencoblos di TPS Lapangan Merdeka, ia kembali menuju  Mapolres lalu mengunjungi sejumlah TPS di beberapa tempat. Hanya satu tujuan, memastikan jalannya Pemilu 2019 di Kota Baubau berlangsung Luber, Jurdil, aman dan sukses. Ungkapan yang selalu diutarakannya ketika memberi sambutan ataupun merespon pertanyaan wartawan.

Kegembiraan Pak Tamrin memang tak diungkapnya secara verbal, tetapi keceriaan selalu menyelimuti dirinya saat bercengkrama dengan para pimpinan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda); dari Dandim 1413 Buton – Letkol TNI Davy Darma Putera, SIP.,  Kapolres Baubau AKBP Hadi Winarno, SIP, SIK, Danposal Baubau, Iptu Andi Heri – hingga Kepala Biro Logistik Polda Sultra  Kombes Pol. I Made Sutersen, serta AKBP A.A. Danang HW., S.IK - Danyon A Pelopor Polda Sultra.

Pak Tamrin begitu tampak menghargai partner kerjanya dari elite TNI-Polri tersebut, itu sebab ia selalu tampil menggunakan pakaian dinas kebesaran ‘khas putih-putih’ lengkap dengan aksesoris tanda jasanya, terkecuali di hari pencoblosan Pak Tamrin lebih santai dengan kemeja batik yang membalut tubuhnya.


 

Memang tak ada ungkapan kehangatan yang keluar dari bibirnya, tetapi gestur-nya solah bertutur bila dirinya merasa sangat bersemangat mengawal jalannya Pemilu di kota ini. Di beberapa TPS yang dikunjunginya pun begitu, ia malah mengajak beberapa warga bercengkerama tentang keseharian di Kota Baubau, teramat jauh dari perbincangan politik seputar Pemilu.

Di tiga hari jelang Pemilu, Pak Tamrin benar-benar menempatkan dirinya sebagai wali kota, sebagai orang tua dan sebagai pembina politik di daerahnya. Tak terkesan sama sekali bila dirinya adalah salah satu ketua umum partai di daerahnya. Bahkan kader-kader (partainya) pun tak terlihat mendekat kepadanya.

“Bapak  (wali kota) benar-benar menempatkan dirinya sebagai orang tua di daerah, semua dirangkul, diajak berbicara bagi yang ditemuinya. Bapak begitu tampak bergembira kendati beliau tampak lelah belakangan ini,” timpal H. Idrus Taufiq Saidi, Kepala Dinas Perhubungan Kota Baubau kepada Butonmagz, siang ini di Rujab.

Pak Tamrin pantas bergembira, tidak saja karena  kekompakannya dengan para elite TBI/Polri yang selalu setia menemaninya, tetapi proses pelaksanaan Pemilu di daerahnya berjalan aman dan penuh kegembiraan.

“Alhamdulillah, semua  tempat sangat aman, tertib dan kondusif. Situasi ini harus dipertahankan sampai kapanpun, ini modal besar membangun Kota Baubau ini,” kata Pak Tamrin setibanya di Rujab.

Ia juga terbilang sebagai sosok yang paling menghargai tetamunya, bahkan urusan ‘makan siang’ sepulang memantau kondisi kota, Pak Tamrin harus memastikan bila tetamunya harus terlayani dengan baik. Tak hanya ajudan, Kabag Umum, bahkan staf-stafnya lainpun diminta memperhatikan kesiapan pelayanan Rujab bagi tamu-tamunya itu. Begitu pedulinya Pak Tamrin.

Pukul 14.30 wita di Rujab. Wali Kota AS. Tamrin sempat berseloroh kepada para tetamunya. “Kira-kira sudah diketahui siapa Caleg DPRD Kota Baubau?” tanyanya. Tak ada yang berani menjawab, terkecuali canda humor dari beberapa kawan diskusinya. “Besok saja, hasilnya sudah ada Pak,” jawab seorang tetamu Rujab.

Pak Tamrin tergelak ringan. “Kalau begitu tak usah saya bertanya, hahaha. Kita berdoa saja semuanya baik-baik,” candanya.

Tiga hari ini, Pak Tamrin begitu humanis di tengah kesibukannya. Ia selalu mengajak tetamunya berdiskusi dalam suasana penuh canda. Gaya komunikasi khas Buton selalu terbawa dalam perangainya, dimanapun. Kendati sesekali ia mengingatkan jajarannya untuk selalu berinovasi dalam tugas dan tanggung-jawabnya di masing-masing OPD.

Kota Baubau sangat aman, tertijb dan kondusif. Mungkin itu jawaban mengapa Pak Tamrin begitu bergembira dan bersemangat mengawal Pemilu 2019. Seha selalu Pak Wali ! (ref)

Posting Komentar

0 Komentar