Butonmagz.ID, media online paling menguntungkan untuk promosi usaha Anda di kawasan Kepulauan Buton. Hub. 0822-9601-7297

Musrenbang Kota Baubau Digelar Semarak, Wawali dan Ketua DPRD Beri Apresiasi Positif pada ‘Tim’ Perencana.



BUTONMAGZ--Jika selama ini proses Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) digelar sekedar dengan metode yang terkesan ‘menyelesaikan kewajiban’ belaka. Maka beberapa tahun terakhir ini, Musrembang Tingkat Kota Baubau menjadi ajang yang ditunggu-tunggu, sebab masa depan pembangunan kota ini dibahas serius di sana.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, Drs. Sadarman, M.Si merilis jalannya Musrenbang Tingkat Kota Baubau yang digelar semarak Selasa, 27 Maret 2019 Di Balai Palagimata, yang tak sekadar membahas program strategis tetapi juga dipantau langsung berbagai pihak. Seperti dihadiri langsung Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, Ketua DPRD Kota Baubau- H. Kamil Adi Karim, SP., Kepala Bappeda Sultra J. Robert dan segenap pimpinan OPD dan tim perencana OPD yang dikoordinir Kepala Bappeda Baubau, La Ode Aswad, S.Sos., M.Si.

Dihadirkan pula narasumber berkompeten,  diantaranya; Dr. Ir. Bonifasius Wahyu Pudjianto, MT (Direktur pengembangan pasar luar negeri Bappenas); Dr. Sutopo Purwo Nugroho, APU (Kepala Pusdatin dan Humas BNPB-RI).

Pada kesempatan ini, Ketua DPRD Kota Baubau, H. Kamil Adi Karim, SP mengingatkan pihak eksekutif dalam sambutannya bila Musrenbang Tingkat Kota Baubau adalah upaya mengakselerasi pembangunan, media mewujudkan koordonasi, integrasi, dan sinkronisasi rencana kerja antar OPD berdasarkan usulan asyarakat dan pemangku kepentingan.

“Ruang ini pula menjadi  ruang untuk memastikan keselarasan RKPD dengan dokumen perencanaan pembangunan lainnya. Karenanya kami beri apresiasi positif semua tim perencana yang telah bekerja serisu dan maksimal,” ungkap Ketua DPRD.

Yang pasti kata Kamil Adi Karim yang juga politisi senior PAN Kota Baubau ini Musrembang diharapkan mampu menggoordinir dan menjadi stimulan bagi pembangunan yang partisipastif dan berkesinambungan, serta menjadi salah satu bagian dari tahapan untuk merealisasikan terwujudnya visi misi Wali Kota Baubau sebagaimana yang tertuang dalam RPMD Kota Baubau tahun 2018-2023.

Senada dengan itu, Wakil Wali Kota La Ode Ahmad Monianse memberi apresiasi positif kepada tim perencana di semua OPD yang dinilainya sebagai tonggak utama pembangunan Kota Baubau.  “Olehnya Musrenbang harus bisa menjaring program dan kegiatan prioritas yang inovatif, yang baik, sebagai usulan hasil Musrenbang di tingkat keecamatan,” kata Monianse.

Tema utama Musrenbang ini kata Wawali Monianse adalah Kota Baubau tangguh dan bekelanjutan yang merupakan harmonisasi pembangunan yang disusun secara berjenjang dengan melibatkan semua pihak.

Wali Kota Baubau Dr. H. AS. Tamrin, MH memberi pesan melalui wakilnya itu, bahwa ada beberapa point penting dari kegiatan Musrenbang ini, antara lain; percepatan pembangunan infrastruktur, aksebilitas antar wilayah, dan pngelolaan lingkungan hidup terpadu.

Berikutnya, penguatan struktur perekonomian berbasis ekonomi kerakyatan melalui pengembangan industri pariwisata, budaya dan agribisnis serta perluasan ketenagakerjaan. Selain itu ditekankan pula optimalisasi peningkatan kualitas daya saing dalam bidang pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan perempuan dalam rangka pengentasan kemiskinan.

Tak kalah pentingnya pesan wali kota adalah berkait pelindungan keamanan dan kenyamanan masyarakat. Dan terakhir pemantapan reformasi birokrasi. (ref)

Posting Komentar

0 Komentar