kop

Butonmagz, media online paling menguntungkan untuk promosi usaha Anda di kawasan Kepulauan Buton. Hub. 0822-9601-7297

Desa Wajak, Kampung Halaman Suku Tertua di Indonesia



BUTONMAGZ--Seiring berjalannya waktu, negara Indonesia semakin berkembang. Kini penduduknya pun mencapai jutaan jiwa dan terbagi dalam berbagai macam suku dan agama. Tetapi, tahukah kalian apakah suku tertua di Indonesia?

Bagi kalian yang belajar sejarah, nama Homo Wajakensis pasti tidak terdengar asing. Manusia inilah yang pada rentang 500 ribu sampai satu juta tahun yang lalu mendiami kawasan Tulungagung, Jawa Timur, tepatnya Desa Wajak. Mereka hidup dan berkembang di desa yang kini terbagi menjadi Wajak Kidul dan Wajak Lor. Sesuai dengan nama daerahnya, mereka pun disebut sebagai Suku Wajak.

Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya fosil-fosil manusia purba yang ditemukan di daerah tersebut. Para arkeolog pun berkesimpulan bahwa Suku Wajak adalah suku tertua di Indonesia.

Namun, walaupun eksistensi suku tersebut dipastikan ada di Indonesia, Suku Wajak menghilang dari peredaran sekitar 20 ribu tahun yang lalu. Beberapa ahli berpendapat bahwa mereka hijrah ke Jepang, tepatnya di Pulau Ainu dan Pulau Jumono, setelah adanya letusan tiga gunung berapi dahsyat di Indonesia: Gunung Toba, Gunung Dumpo, dan Gunung Krakatau yang menyebabkan bencana yang tak terelakkan, yaitu tsunami.

Masyarakat Desa Wajak pun mengamini keberadaan mereka. Mereka menganggap Suku Wajak memiliki kehebatan yang berbeda dari suku-suku lainnya, dimana Suku Wajak dikenal sebagai suku yang berani untuk mengarungi samudera dengan menggunakan perahu sampan dari pohon besar yang dilubangi. Selain itu, mereka juga dikenal sebagai suku orang-orang yang cerdas.

Sayangnya, sekarang belum ada penjelasan yang jelas mengenai hilangnya Suku Wajak tersebut. Meski begitu, legenda tentang eksistensi Suku Wajak sebagai suku leluhur di Desa Wajak masih menjadi sesuatu yang diyakini dan dipercayai oleh masyarakat setempat. Mereka pun memiliki kebanggaan tersendiri saat mengetahui bahwa suku nenek moyangnya merupakan suku tertua yang ada di Indonesia. (ref)

Posting Komentar

0 Komentar