kop

Butonmagz, media online paling menguntungkan untuk promosi usaha Anda di kawasan Kepulauan Buton. Hub. 0822-9601-7297

Kota Baubau ditarget masuk 100 kota pariwisata Asia Pasifik.

Wali Kota Baubau AS.Tamrin berpose bersama dengan Sekjen TPO Asia Pasifik

BUTONMAGZ---Sebagai salah satu ‘kota tua’ yang memiliki keragaman, budaya, sejarah, dengan prospek keparawisataan yang menjanjikan, maka Kota Baubau-Sulawesi Tenggara dilirik oleh para penggiat pariwisata internasional masuk dalam lingkar ‘100 kota pariwisata Asia Pasifik’.

Dijelaskan Ibnu Wahid, ST.,MM – Sekretaris Dinas Pariwisata dn Kebudayaan Kota Baubau ketertarikan itu bermula dengan keikutsertaan Wali Kota Baubau yang menghadiri undangan dari Mr. Kim Soo Ill - Sekretaris Jenderal Tourism Promotion Organization (TPO) Asia Pasific, dari Korea, yang acara di pusatkan di Balaikota DKI Jakarta, 11 Februari 2019 lalu.

TPO Asia Pasific  merupakan organisasi yang bergerak promosi pariwisata dalam semua aspek untuk kota-kota se-Asia Pasific.

“Fungsinya antara lain, kota yang menjadi member akan difasilitasi tentang pengetahuan kepariwisataan, informasi dan teknologi pariwisata, serta mendapatkan kesempatan untuk belajar succes story kepada kota yang maju pariwisatanya di Asia Pasifik, saat ini beranggotakan 100 Kota,” ujar Ibnu Wahid

Dielaskan organisasi ini membuka diri kepada kabupaten dan kota se-indonesia untuk terlibat langsung dalam hal sharing pengetahuan terkait pariwisata.

Di Indonesia sendiri baru 3 daerah yang  masuk di organisasi ini yakni DKI Jakarta, Jogjakarta, dan Surabaya.

Wali Kota Baubau Dr. H. AS. Tamrin, MH  menyambut baik kegiatan ini dan menyatakan bahwa Kota Baubau adalah salah satu daerah yang siap dan masuk dalam organisasi ini. Hal ini diungkap langsung di forum TPO Asia Pasifik itu dan mendapat respon positif dari  Mr. Kim Soo Ill - Sekretaris Jenderal Tourism Promotion Organization (TPO) Asia Pasific.

Untuk memudahkan rencana itu, Wali Kota AS. Tamrin mendukung DKI Jakarta untuk tampil menjadi Presiden TPO yang rencana kan bersimposium internasional pada Juni 2019 mendatang di Busan-Korea Selatan, sehingga kordinasinya lebih mudah bagi daerah-daerah yang akan bergabung, termasuk Kota Baubau.

Hadir dalam pertemuan TPO di Balai Kota Jakarta ini adalah seumlah penggiat wisata internasional, mantan wakil menteri Pariwisata, Pakar kelautan Prof. Rohimin Dahuri  dan  Asisten Deputi Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta mewakili Gubernur DKI Jakarta. (ref)

Posting Komentar

0 Komentar