kop

Butonmagz.ID, media online paling menguntungkan untuk promosi usaha Anda di kawasan Kepulauan Buton. Hub. 0822-9601-7297


Fix, Baubau tuan rumah festival keraton se ASEAN 2019


KOTA Baubau dalam setahun terakhir ini tentu akan berbenah, setidaknya  menyambut dan mempersiapkan dirinya setelah mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah pelaksanaan ‘Festival Keraton Masyarakat Adat (FKMA-6) ASEAN– Po5’ tahun 2019. 

Kepastian pelaksanaan ini terungkap dalam rapat terbatas, antara  jajaran Pemerintah Kota Baubau yang dipimpin Wali Kota Dr. H. AS. Tamrin, MH dengan pihak Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FKSN) yang dipimpin Sekretaris Jenderal-nya, Ibu Raden Ayu Yani Soekotjo, sebagai wakil dari Ketua Umum FKSN - Sultan Sepuh XIV dari Keraton Kasepuhan Cirebon, PRA Arief Natadiningrat. Rapat ini digelar Jumat malam, 18 Januari 2019 di Rujab Wali Kota Baubau.

Kendati belum ditentukan kepastian jadwal penyelenggaraan, namun rapat terbatas ini menindaklanjuti amanah dari penyelenggaraan FKMA tingkat nasional yang dipusatkan di Sumenep-Madura September 2018 lalu, yang memutuskan Kota Baubau sebagai tuan rumah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Infomatika Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom.M.Si menyebutkan beberapa kesepakatan rapat terbatas tersebut adalah tajuk kegiatan bernama “Festival Keraton Masyarakat Adat Asean 6 - PO5” yang sejatinya sebagai wahana pengimplementasiaan nilai-nilai budaya ‘sarapataaguna’ secara global” ujar Idrus .

“selanjutnya akan ada informasi resmi oleh Bapak Wali Kota berkait kegiatan ini secara teknis, namun rapat terbatas ini menegaskan Baubau bersiap sebagai penyelenggara,” imbuhnya.

Diperkirkan sekitar 2500 orang yang datang dari berbagai kerajaan/kesultanan di Indonesia dan masyarakat adat ASEAN. Oleh sebab itu sedari ini Pemerintah Kota Baubau mengingatkan publiknya untuk berpartisipasi menyambut even tersebut, dengan beberapa macam aktivitas, diantaranya; menjaga kondusifitas wilayah, kebersihan di lingkungan masing-masing, menghidupkan kegiatan-kegiatan kebudayaan dan utamanya tetap menjaga kekompakan sebagai masyarakat Buton yang selalu menjaga harmonisasi kehidupannya (ref)

Posting Komentar

0 Komentar


SPECIAL EVENT DAN PEMBERITAAN HUT KOTA BAUBAU TAHUN 2019