kop

Butonmagz, media online paling menguntungkan untuk promosi usaha Anda di kawasan Kepulauan Buton. Hub. 0822-9601-7297

7 Seafood mentah di Wakatobi yang Unik, dijamin ketagihan.


Wakatobi dikenal dengan daerah "surga" nyata bawah laut. Jadi, gak heran kalau banyak hasil laut yang melimpah ruah di sana. Bukan hanya Jepang saja yang menyuguhkan makanan-makanan mentah, di Wakatobi juga siap menguji nyalimu menikmati seafood unik.

Ada beberapa makanan seafood mentah yang menjadi andalan masyarakat Wakatobi, seperti di bawah ini:


1. Topulu atau teripang
Siapa yang tidak kenal seafood yang satu ini? Topulu atau teripang memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, salah satunya dapat melawan infeksi virus dan bakteri. Manfaatnya juga bagus untuk kulit, lho.

Perlu diketahui salah satu rahasia kecantikan wanita China dan Jepang adalah kebiasaan mengonsumsi makanan laut seperti teripang. Bahkan sekarang kebiasaan ini berkembang di Korea dan Taiwan.

Teripang mengandung vitamin E dan senyawa yang bisa meningkatkan aktivitas kolagen. Kolagen sangat penting, karena akan membuat kulit menjadi lebih elastis, mulus, mencegah penuaan dini, dan bintik hitam.

Cara menyantap teripang adalah kupas kulitnya. Setelah itu, iris tipis, campurkan perasan jeruk nipis, dan tambahkan garam sedikit saja. Hmm maknyus!


 
2. Rumput laut atau lawi-lawi
Tanaman rumput laut ini menyerupai telur ikan dan berwarna hijau. Biasanya masyarakat memanfaatkannya sebagai pelengkap menu sehari-hari. Bisa dikonsumsi begitu saja dalam keadaan mentah atau disajikan dengan ikan, kasoami, dan nasi.

Rumput laut yang satu ini gak kalah enaknya, lho. Kamu bisa menyantapnya langsung atau mencampurkan dengan perasan air jeruk, santan, dan kelapa goreng. Eits...batangnya jangan dimakan ya!


 
3. Fangngaro atau kerang
Fangngaro atau kerang merupakan biota laut yang sangat enak. Kaya nutrisi yang bisa menutrisi protein dalam tubuh. Makan mentah fangngaro membutuhkan nyali besar.

Bagi kamu yang gak kuat dengan rasa amis, mungkin bakal kurang menyukainya. Tapi jangan khawatir, cobalah campur dengan perasaan jeruk, dijamin bikin ketagihan.


 
4. Perangi atau sashimiPerangi adalah olahan dari ikan mentah segar yang diiris tipis-tipis, dicampur perasan air jeruk, bawang merah, cabai, dan penyedap rasa, setelah itu diremas-remas sampai berbusa. Kalau sudah gak ada lagi rasa amis, kamu bisa menyantapnya langsung


 
5. Ne'e atau bulu babi hitam
Ne'e merupakan biota laut yang mempunyai bulu panjang berwarna hitam. Salah satu manfaat bulu babi adalah dapat mempertajam indera pengelihatan. Cara menyantap ne'e sangat mudah, belah cangkangnya dengan pisau atau sendok, siap langsung dimakan dengan kasoami atau nasi.


 
6. Kukure atau bulu babi cokelat
Kukure merupakan biota laut yang mempunyai bulu yang pendek berwarna kecokelatan atau belang. Cara menyantap kukure sangat mudah, belah cangkangnya dengan pisau atau sendok. Kamu bisa menikmatinya dengan kasoami atau nasi. Dagingnya manis dan kamu pasti akan ketagihan.


 
7. Gurita
Gurita bisa dimakan langsung dalam keadaan mentah. Cara menyantapnya, kamu harus iris tipis dulu, lalu campurkan perasan jeruk nipis, santan, dan kelapa goreng. Lagi-lagi, kamu bisa menikmatinya dengan kasoami dan nasi.

Buat para pelancong yang ingin menyantap seafood mentah yang enak, gak perlu jauh-jauh ke Jepang, di Wakatobi juga ada, lho. Mana saja yang sudah pernah kamu cobain, nih? (dari berbagai sumber)

Posting Komentar

0 Komentar