kop

BUTONMAGZ, media online yang tepat untuk mempromosikan usaha Anda. hubungi 082296017297. Kami menyediakan iklan baris dengan paket murah. Rp. 100 ribu per pekan. Transfer ke Rekening ButonMagz No Rek. (135) 004 02.01.000496-6. Kirim iklan Anda ke Whatshapp 0822-9601-7297. Gunakan kesempatan ini!

10 fakta tentang Hari Minggu, sekadar pengetahuan.


Hari minggu yang dikenal sebagai hari libur diakhir pekan adalah hari yang menyenangkan bagi sebagian orang. Biasanya hari minggu dimanfaatkan para pekerja dan pelajar untuk bersantai sejenak atau untuk berlibur keluar bersama keluarga. Jika selama ini kamu hanya mengenal hari minggu sebagai hari libur kamu juga harus mengetahui fakta lainnya yang menyangkut hari ini. Mau tahu apa saja fakta tentang hari minggu yang bisa kamu ketahui? Simak daftarnya berikut ini!

1. Asal nama Hari Minggu
Jika nama-nama hari lainnya dalam bahasa Indonesia diserap dari bahasa Arab, lain halnya dengan hari minggu. Kata minggu dalam bahasa Indonesia sebenarnya berasal dari bahasa portugis Domingo atau bahasa latin Dies Dominicus yang berarti hari Tuhan kita. Hal ini karena hari minggu dianggap hari suci bagi sebagian agama terutama penganut agama nasrani yang melakukan ritual keagamaan dihari tersebut. Sementara jika merujuk pada kosa kata bahasa Arab hari minggu disebut dengan nama ahad yang berarti pertama.

2. Hari pertama dibeberapa Negara
Jika dalam kalender yang menganut sistem standar internasional atau ISO hari minggu adalah hari ketujuh, lain halnya dengan beberapa negara yang justru menjadikan minggu sebagai hari pertamanya seperti dinegara Timur Tengah seperti Bahrain, Arab Saudi dan Dubai. Tidak hanya negara islam saja yang menjadikan hari minggu sebagai hari pertama melainkan juga negara katolik di Eropa dan Amerika serta negara di Asia seperti Nepal.

3. Pemilihan Umum Eropa

Berbeda dengan negara lain di Amerika atau di Asia yang biasa mengadakan pemilihan umum dihari biasa atau weekday, beberapa negara khususnya negara di benua Eropa mengadakan pemilihan umum dihari minggu. Faktor kesibukan dan pekerjaan yang lenggang dihari minggu mungkin menjadi alasan mengapa pemilihan umum atau voting dinegara-negara tersebut dilakukan dihari minggu.

5. Hari Minggu diawal bulan

Satu hal yang dipastikan jika hari minggu jatuh diawal bulan adalah bahwa tanggal 13nya akan jatuh pada hari jumat atau pasti dibulan tersebut akan jatuh Friday the 13th atau jumat ketigabelas. Istilah Friday the 13th pastinya sudah sangat populer karena menurut kepercayaan, hari jumat ketigabelas adalah hari yang sangat sial dan membawa ketidakberuntungan pada banyak orang. Meski mitos ini sangat ditakuti dinegara barat kamu tidak perlu takut untuk beraktifitas dihari tersebut ya!

6. Hari matahari

Hari minggu atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Sunday atau hari matahari memang memiliki sejarahnya tersendiri. Dahulu masyarakat Romawi kuno mengkhususkan hari minggu untuk dewa matahari mereka yakni Helios. Dan seiring berjalannya waktu, kebudayaan untuk merayakan hari suci tersebut diadaptasi oleh kaum nasrani terutama dinegara barat sebagai hari untuk melakukan kebaktian.

7. Hari bermalas-malasan
Ngaku saja kalau dihari minggu kamu lebih suka bermalas-malasan dirumah dan tidak mau melakukan pekerjaanmu termasuk pekerjaan rumah. Memang benar ya guys karena minggu adalah hari libur, sebagian besar orang menjadi malas untuk melakukan aktifitas seperti halnya mandi atau memasak. Jadi tak heran jika hari minggu dikenal sebagai hari bermalas-malasan. Apa kamu termasuk yang malas beraktifitas dihari minggu atau justru lebih senang jalan-jalan  dihari tersebut?

8. Sejarah libur di hari Minggu

Jika selama ini kamu bertanya-tanya mengapa hari minggu menjadi hari libur disebagian besar negara didunia? Ternyata menurut sejarahnya kaum Romawi kuno dulunya melakukan ibadah dihari minggu dan berhenti melakukan aktifitas dihari tersebut. Seperti yang kita ketahui bangsa Romawi kuno saat itu memiliki banyak daerah kekuasaan termasuk Belanda yang menjajah Indonesia. Akhirnya pengaruh bangsa Romawi yang libur dihari minggu juga diikuti oleh bangsa dan negara lainnya yang berada dibawah kekuasaannya.

9. Berwarna merah pada kalender

Berbeda dengan hari lain dalam kalender yang tidak memiliki keistimewaan, hari minggu selalu ditandai dengan warna merah yang menunjukkan hari libur. Lagi-lagi tradisi ini berasal dari kebiasaan bangsa Romawi kuno yang berpusat di Italia yang terbiasa untuk menandai hari libur pada kalender mereka dengan warna merah. Kalender bangsa Romawi digunakan hingga kini sebagai kalender internasional sehingga sistem warnanya pun mengikuti kebiasaan mereka.

10. Harga tiket lebih mahal

Jika diperhatikan, harga tiket dibeberapa tempat wisata terutama dibioskop cenderung lebih mahal dibandingkan dengan hari biasa. Mungkin tarif yang lebih mahal tersebut diberlakukan karena dihari minggu lebih banyak orang yang datang berkunjung dan dengan tarif yang lebih mahal tersebut perusahaan bisa memperoleh untung lebih banyak. Kamu setuju tidak kalau harga tiket diakhir pekan lebih mahal dibanding hari biasa?

Itulah beberapa fakta tentang hari minggu yang perlu kamu ketahui. “Enjoy your Sunday, bray..".(nas)

Posting Komentar

0 Komentar