kop

Butonmagz.ID, media online paling menguntungkan untuk promosi usaha Anda di kawasan Kepulauan Buton. Hub. 0822-9601-7297


Kaleidoskop informasi dan pembangunan Kota Baubau Tahun 2018 (Bagian 3)


Pelantikan Gubernur, Wali Kota Baubau dan Program Pembangunan

Rabu 5 september 2018,  Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi – Lukman Abunawas resmi dilantik oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Wododo di Istana Negara.

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra itu bersamaan dengan delapan kepala daerah lainnya di indonesia hasil Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, yakni Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah-Sumarsono, Gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo-Taj Yasin, Gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, Gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah, Gubernur dan wakil gubernur Bali, I Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardana, Gubernur dan wakil gubernur Nusa Tenggara Timur l, Viktor Laiskodat- Josef Nae Soi, Gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji-Ria Norsan, dan Gubernur dan wakil gubernur Papua, Lukas Enembe-Klemen Tinal.

 


AS. Tamrin – Ahmad Monianse resmi pimpin Baubau

24 September 2018 tepat pukul 10.30 wita, pasangan Dr. H. AS. Tamrin, MH – La Ode Ahmad Monianse resmi mengucap sumpah jabatan dipandu langsung oleh Gubernur H. Ali Mazi, SH. Iringan tepuk riuh membahana dalam ruangan, sebagai petanda resminya pasangan ini memimpin Kota Baubau di masa jabatan 2018-2023.

Gubernur Ali Mazi dalam sambutannya, meminta kedua psangan kepala daerah ini menjalankan tugasnya berdasarkan visi-misinya yang disampaikan dalam masa kampanye, sekaligus menitip program Gerakan Akselerasi Pembangunan Daratan Lautan (Garbarata) untuk disukseskan, agar pembangunan dari pusat, provinsi dan kabupaten kota berjalan secara beriringan dan bersinergi.

Gubernur juga mengapresiasi proses demokrasi yang telah dilaksanakan di daerahnya, sekaligus mengucap selamat atas kepemimpinan kedua kepala daerah yang diharapkan melakukan perubahan dan percepatan pembangunan di segala bidang.

Usai pelantikan, saat Dr. AS. Tamrin, MH di beri kesempatan memberikan sambutan, ia mengucap terima kasih banyak kepada segenap masyarakat Kota Baubau tanpa terkecuali, dan mengajak untuk bersatu kembali sehingga bersma-sama melaksanakan akselerasi pembangunan yang terangkum dalam visi besarnya, Kota Baubau yang maju, sejahtera dan berbudaya, dalam empat pokok pilar pembangunan.

Hal yang memebuat suasana menjadi terenyuh, ketika AS Tamrin mengungkap perjalanannya 15 tahun silam, ketika dirinya diangkat menjadi kepala BPN Sulawesi Tenggara. “Saat itu, Gubernur Ali Mazi juga yang melantik saya dan itu pekerjaan beliau pertama kali sejak menjadi gubernur. Alhamdulillah setelah 15 tahun itu, hari ini saya bersama Pak La Ode Ahmad Monianse dilantik juga oleh Gubernur H. Ali Mazi, dan baru kali pertama juga melantik bupati dan wali kota sejak menjadi Gubernur pada 5 November yang baru saja berlalu,” tandas AS Tamrin, disambut tepuk riuh hadirin.

Yang cukup membuat suasana menjadi riuh, justru ketika AS Tamrin menyampaikan pantun-pantunnya, yang memang menjadi penciri komunikasi publiknya, baik di acara-acara resmi maupun kegiatan non formal lainnya

28 September 2018 – usai dilantik Tampil Manis tiba di Baubau pertama kali sejak dilantik gubernur. Ratusan pejabat dari Wakil Wali Kota, segenap pejabat eselon 2 hingga 4 berkumpul di Bandara memberi penyambutan, termasuk pagelaran tarian Galangi dan pengalungan bunga untuk memberi penghormatan terhadap doktor bidang lmu pemeritahan itu.

Sabtu siang, 29 September 2018 tak menyurutkan semangat masyarakat dan jajaran Pemkot Baubau menghadiri Pesta Rakyat Baubau 2018. Mereka tetap larut dalam suasana kegembiraan, bahkan talang-talangan panganan khas Buton yang disuguhkan dinikmati bersama.

Dibalik kemeriahan acara “Malam Ramah Tamah dan Syukuran antara Wali Kota AS.Tamrin dan Wakilnya La Ode Ahmad Monianse bersama warga Kota Baubau” yang dipusatkan di kawasan Kotamara Santu malam ini, 29 September 2018, tersembul rasa haru dan doa untuk korban bencana alam Gempa Bumi dan Tsunami yang melanda warga Kota palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

 


Godok Kelahiran Perumda Po-5, JKPI dan kesiapan tuan rumah Festival Keraton

Mencermati aktivitas ekeonomi yang tak terterkodinir dengan baik serta hadirnya sejumlah potensi-potensi keuangan daerah di Kota Baubau menjadi bahasan utama ‘Focus Group Discussion’ (FGD) - penyusunan Naskah Akademik persiapan pembentukan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) yang digelar Sabtu (20/10) yang dipusatkan di Ruang Rapat Wali Kota Baubau di Palagmata.

24 Oktober 2018,  Wali Kota Baubau Dr. H. AS. Tamrin, MH cukup menyedot perhatian para peserta anggota Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI), setidaknya posisinya sebagai Ketua Umum Presidium JKPI Pusat mendapat porsi tersendiri di mata Pemerintah Kota Solo dan pengurus JKPI yang hadir di Solo-Jawa Tengah.

25 Oktober 2018 AKBP Daniel Widya Muharram, S.IK, MPA di Kota Baubau, sebab setidaknya besok ia harus segera menjalankan tugas barunya sebagai Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Bengkulu. Sementara jabatan yang ditinggalkannya digantikan juniornya, AKBP Hadi Winarno, SIK sebagai Kapolres Baubau. Pisah sambut digelar di Bantea Umuri Bolu Rujab Wali Kota Baubau

 


Kota Baubau Siapkan Diri Jadi Tuan Rumah Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN 2019
Keikutsertaan Kota Baubau di ajang Festival Keraton dan dan Masyarakat Adat (FKMA) V yang merupakan Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN) di Sumenep – Madura, Jawa Timur menginspirasi Wali Kota Baubau, Dr. H. AS Tamrin, MH untuk menyiapkan daerahnya sebagai tuan rumah acara sejenis di tahun 2019 mendatang.

Hal ini dikemukakan Wali Kota AS. Tamrin melalui penyampaian Sekjen FKMA-FSKN - Dra. Hj. RA. Yuni S. Kuswodidjoyo, sebagaimana dirilis Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom.M.Si Senin siang (29/10) ini langsung dari Kota Sumenep – Madura.

**

Kelurahan Palabusa Kecamatan Lea-lea Kota Baubau Minggu 18 September 2018 resmi mendapatkan penilaian secara langsung dari juri lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) tingkat Prov. Sultra, yang dipimpin langsung Pls. Sekda Prov. Sultra, Dr. Syarifuddin Safaa, MM dan rombongan dewan juri lainnya.

20 September 2018 digelar ritual Gorana Oputa atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai doa dari petinggi negeri (sultan, raja) kini telah menjadi tradisi tahunan bagi Pemkot Baubau memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW (Maulud Nabi) kembali digelar Selasa dinihari (20/11), yang prosesi pembacaan doanya oleh Syara Masjid Agung Keraton dimulai pukul 00.00 waktu setempat di Rujab Wali Kota Baubau).

 Ritual Gorano Oputa kali ini juga terasa spesial bagi pribadi AS. Tamrin, sebab 20 November 2018 ini juga merupakan hari ulang tahunnya yang ke 66 tahun. Karenanya usai ritual Gorano Oputa sejumlah hadirin langsung mengucap selamat ulang tahun kepada orang nomor satu di kota ini tanpa kegiatan berlebihan menyambutnya.

Terminal Bandara Betoambari Diresmikan

Setelah renovasi berat dan dikerjakan selama kurang lebih setahun, akhirnya Terminal Bandar Udara (bandara) Betoambari di Kota Baubau diresmikan pemakaiannya oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo Minggu siang ini, 23 Desember 2018 di Luwuk Kabupaten Banggai Sulawesi Tengah.

Peresmian Terminal Bandara Betoambari ini bersamaan dengan peresmian 1 Bandara dan 3 Terminal Bandara lainnya; yakni Bandara baru Morowali, terminal baru Bandara Aminuddin Amir Luwuk, terminal baru Bandara H. Aroepala Selayar, dan terminal baru Bandara Lagaligo Bua Luwu.**(ref)

Posting Komentar

0 Komentar


SPECIAL EVENT DAN PEMBERITAAN HUT KOTA BAUBAU TAHUN 2019