kop

BUTONMAGZ, media online yang tepat untuk mempromosikan usaha Anda. hubungi 082296017297. Kami menyediakan iklan baris dengan paket murah. Rp. 100 ribu per pekan. Transfer ke Rekening ButonMagz No Rek. (135) 004 02.01.000496-6. Kirim iklan Anda ke Whatshapp 0822-9601-7297. Gunakan kesempatan ini!

Debat Capres-Cawapres dimulai 17 Januari 2019 mendatang, di gelar 5 kali dengan tema berbeda.

 
Ini informasi penting bagi para pendukung Calon Presiden dan Wakil Presiden, Jumat kemarin – 29 Desember 2018 Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengeluarkan pengumuman berkait pelaksanaan debat Capres. Rencananya akan dimulai pada 17 Januari 2019 mendatang. 

KPU juga telah menetapkan dua nama yang akan menjadi moderator debat pertama Pilpres 2019. Dua orang yang bakal memandu debat pada 17 Januari 2019 itu adalah Ira Koesno dan Imam Priyono.

"Keduanya sudah disetujui untuk menjadi moderator debat, dua tim kampanye dari kedua pasangan calon sudah setuju," kata Ketua KPU Arief kepada media massa.

Ira Koesno merupakan mantan presenter berita di Liputan 6 SCTV. Ia pernah menjadi moderator debat antarkandidat dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Sementara Imam Priyono merupakan pembawa acara dari TVRI.

Debat pertama berlangsung pada 17 Januari 2019, dengan tema hukum, HAM, korupsi dan terorisme akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta. Peserta debat pertama adalah pasangan calon presiden-wakil presiden serta akan disiarkan TVRI, RRI, Kompas TV, dan RTV.

Debat kedua, 17 Februari 2019, dengan tema energi, pangan, SDA, lingkungan hidup dan infrastruktur, dan akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta. Peserta debat kedua yaitu antarcalon presiden serta akan disiarkan RCTI, MNC TV, GTV, dan iNews TV.

Debat ketiga diselenggarakan 17 Maret 2019 dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan kebudayaan, dan digelar di Hotel Sultan, Jakarta. Peserta debat ketiga adalah antarcalon wakil presiden serta disiarkan Trans TV, Trans 7, dan CNN Indonesia TV.

Debat keempat, 30 Maret 2019, dengan tema ideologi, pemerintahan, pertahanan, dan keamanan, dan Hubungan Internasional, namun belum ditentukan tempatnya. Peserta debat keempat adalah antarcalon presiden dan akan disiarkan Metro TV, SCTV, dan Indosiar.

Debat kelima dengan tema ekonomi, kesejahteraan sosial, keuangan, investasi perdagangan dan industri, belum ditentukan waktu serta tempat penyelenggaraan. Peserta debat kelima adalah antar pasangan calon presiden-wakil presiden, dan akan disiarkan TVOne, ANTV, Berita Satu, dan Net TV.

Arief mengatakan acara debat akan berlangsung selama 120 menit, dengan rincian waktu efektif pelaksanaan debat selama 90 menit dan sisanya 30 menit adalah jeda iklan.

"Masing-masing debat akan dilakukan dalam waktu 90 menit. Akan ada pemaparan visi-misi pasangan calon, pertanyaan dari moderator untuk mendalami visi-misi serta tanya jawab antar kandidat," kata Arief

Arief Budiman berharap, melalui debat Pilpres, masing-masing pasangan calon mampu menjelaskan visi-misi mereka jika terpilih menjadi presiden dan wakil presiden.

Melalui debat, KPU juga berharap masyarakat tahu betul siapa calon presiden dan wakil yang akan mereka pilih.

Arief mengingatkan kedua pasangan calon dan tim sukses untuk tidak saling menjatuhkan dalam debat. Semangat debat, kata Arief, semangatnya sama, tidak serangan pribadi, tetapi fokus program dan kebijakan yang akan dilakukan jika jadi presiden dan wakil presiden.

Arief menambahkan, nantinya, KPU akan lebih dulu memberi tahu seluruh soal yang akan muncul dalam debat. Tetapi, pertanyaan mana yang akan disampaikan akan dipilih secara acak. (nas)

Posting Komentar

0 Komentar