kop

BUTONMAGZ, media online yang tepat untuk mempromosikan usaha Anda. hubungi 082296017297. Kami menyediakan iklan baris dengan paket murah. Rp. 100 ribu per pekan. Transfer ke Rekening ButonMagz No Rek. (135) 004 02.01.000496-6. Kirim iklan Anda ke Whatshapp 0822-9601-7297. Gunakan kesempatan ini!

Iis Elianti, Terpilih Jadi Wakil Bupati Buton 2017-2022

Iis Elianti bersama La Bakry - Bupati Buton saat ini

Kekuatan politik mantan Bupati Buton, Samsu Umar Abdul samiun, S.H., memang masih mengakar kuat di wilayah Kabupaten Buton, hal ini dibuktikan dengan menang telaknya Iis Elianti dalam pemilihan Wakil Bupati Buton periode 2017-2022 yang baru saja usai digelar Senin siang ini, 19 November 2018 di Pasarwajo, Ibu kota Kabupaten Buton.
Iis Elianti adalah politisi Partai Amanat Nasional (PAN) yang kini menjabat sebagai anggota DPRD Buton, dan juga dikenal sebagai istri Samsu Umar Abdul Samiun. Iis sukses memperoleh 22 suara dari 25 anggota DPRD Buton yang menyalurkan hak pilihnya. Ia sukses mengalahkan rivalnya dari Partai Demokrat - Rihan Siombiwi yang hanya meraih 2 suara.  1 suara lainnya abstain.

Dilaporkan jurnalis Gunardih Eshaya dari Media Eshaya Group – induk Butonmagz.id, jalannya proses pemilihan tersebut berlangsung tertib, aman dan lancar. Adalah ketua DPRD Buton – La Ode Rafiun mendapat kesempatan pertama menyalurkan hak pilihnya, sementara Iis sendiri mendapat kesempatan ke empat.

Layaknya Pemilu pada umumnya,  panitia pemilihan menyediakan bilik suara sebagai tempat pencoblosan, lalu memasukkannya ke kotak suara, dan pemilih yang telah menyalurkan hak pilihnya ditandai dengan tinta pada jari tangan.

Saat Iis Elianti disebut namanya hendak menyalurkan hak pilihnya, keseluruhan anggota dewan memberikan aplaus yang meriah sebagai tanda penghormatan, sekaligus petanda jika ia kan menang mudah dalam proses pemilihan itu.

Kemenangan Iis Elianti sebagai wakil Bupati Buton mengisi kekosongan jabatan yang lowong dari pendahulunya La Bakry, sudah diprediksi sebelumnya. Sehari sebelumnya Politisi La Ode Rafiun yang juga DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Buton, menegaskan jika partainya sejak awal solid mengusung dan akan memenangkan Iis Elianti dalam pemilihan Wakil Bupati Buton untuk mendampingi La Bakry.

“Anggota DPRD Buton dari PAN berjumlah 8 orang, tentunya suara itu adalah milik Iis Elianti. Perintah DPW sangat jelas,” Kata Rafiun, sembari mengingatkan ada sanksi bagi legislator PAN yang membelot. “Sanksinya pemecatan, karena ini adalah keputusan partai yang harus dilaksanakan oleh setiap kader,” papar Rafiun.

Acara pemilihan Wakil Bupati Buton ini dihadiri langsung ketua DPRD Sultra yang juga ketua DPW PAN Sultra, Abdurahman Saleh. Juga tampak mantan calon walikota Baubau, Roslina Rahim dan kerabat Iis Elianti lainnya..

Sebelumnya perhelatan posisi Wakil Bupati Buton ini sempat diramaikan tiga nama yang diusung oleh partai pengusung sebelumnya yakni Iis Elianti dari PAN, Rian Siombiwi dari Demokrat, dan Zainuddin Musaini dari PKS, namun hanya mengerucut pada dua nama untuk dipilih. (**)

Posting Komentar

0 Komentar