kop

BUTONMAGZ, media online yang tepat untuk mempromosikan usaha Anda. hubungi 082296017297. Kami menyediakan iklan baris dengan paket murah. Rp. 100 ribu per pekan. Transfer ke Rekening ButonMagz No Rek. (135) 004 02.01.000496-6. Kirim iklan Anda ke Whatshapp 0822-9601-7297. Gunakan kesempatan ini!

17 Makanan yang Ada Sejak Zaman Penjajahan. Coba Yuk!


BUTONMAGZER yang berbahagia, selamat hari pahlawan ya…, Butonmagzer itu peristilahan redaksi bagi pembaca setia majalah online ‘ButonMagz’,  gak apa apa kan?. Saat ini, zaman perang dan perjuangan emang sudah berakhir, tapi apakah Anda mengetahui masih banyak yang bisa dikenang selain perjuangan dan nama pahlawan yang sudah mati-matian bela negara sampai merdeka?

Saatnya mengenal cita rasa makanan yang pernah dinikmati para pahalawan itu. Ternyata cukup beragam, ini dia. Tapi kali ini kita urai dalam bahasa kekinian, agar lebih rileks di hari Pahlawan ini.
 
Nasi Jagung
Ngaku deh diantara kamu pasti ada aja yang belum tau atau belum pernah nyobain makanan jenis ini. Padahal, makanan ini sudah ada sejak dulu lho! Kalau sekarang sudah banyak banget makanan kayak spaghetti, pizza, nasi uduk, nasi hainan, dan makanan enak lainnya, makanan ini dulu juga ngetren banget lho karena selain gampang bikinnya, unik rasanya, nasi jagung juga ngenyangin banget. Biasanya kalo makanan ini paling enak dimakan pakai sayur daun singkong , daun pepaya, ikan asin, tempe, dan sambel. Coba deh minta nenek kamu buat bikinin. Hehehe!

Nasi Jagung
Gatot
Nama makanannya unik ya karena hampir mirip sama nama orang. Hehehe. Makanan ini diolah dari bahan singkong yang ditanak, dikasih gula merah, dan diberi taburan kelapa dan garam secukupnya saat disajikan. Makanan khas orang jaman dulu nih guys!

Gatot
TiwulHampir mirip sama gatot, makanan ini juga dibuat dari singkong nih. Cuma teksturnya aja yang beda karena sedikit kasar. Makanan ini dulunya pengganti beras dan bisa buat pertolongan pertama perut keroncongan pas zaman penjajahan Jepang. Miriplah dengan Kasoami di Buton.

Tiwul
Gethuk
Jaman dulu banyak banget makanan yang dibuat pakai bahan utama singkong sebagai pengganti beras. Kalau yang ini namanya gethuk, dan asalnya sih dari Jawa. Jadi, singkong direbus dan ditumbuk terus ditambahkan gula merah. Habis itu disajikan pakai parutan kelapa deh di atasnya. Enak, lho!

Gethuk
Lapis Legit
Makanan ini sudah terkenal dari jaman penjajahan Belanda dan dikenal dengan nama spekkoek. Rasanya mirip kue khas Eropa, tapi ada rasa rempah Asia Tenggaranya kayak kapulaga, kayu manis, dan cengkeh. Mungkin diantara kamu sudah ada yang pernah coba dan suka banget sama rasanya, kan?
Lapis Legit
 SemurSemur sendiri asalnya dari bahasa Belanda 'smoor' yang artinya daging yang direbus dengan bawang dan tomat dalam waktu yang lama. Tapi, lama kelamaan resepnya berkembang di Indonesia dan ditambah dengan bumbu rempah lainnya. Bahkan, sekarang ada kan tuh semur jengkol khas orang Betawi yang jadi idola setiap orang termasuk kamu. Hehehe...
Semur
Perkedel
Kamu pasti tau makanan yang satu ini. Tapi kamu tau ngga asalnya dari mana? Nah, jadi perkedel merupakan versi lokal dari frikadeller, gorengan berbahan kentang dan daging dari Belanda. Kalau di Indonesia sih biasanya cuma kentang yang ditumbuk aja dan dikasih bumbu terus digoreng deh. Kamu pasti suka kan?



Selat SoloKalau makanan ini dulu dikenal sebagai makanannya orang-orang ningrat keturunan keraton Solo. Bentukannya kayak bistik daging dan ditambah sayuran rebus sebagai pengganti mashed potato. Makanya dinamain selat (salada). 


KroketKalau makanan yang ini dibuat dari kentang yang ditumbuk dan diisi pakai ragout yang dilapisi tepung panir terus digoreng sampai coklat keemasan. Rasanya gurih dan hampir mirip sama perkedel. 


Klappertaart
Klappertaart atau 'tart kelapa' ini adalah makanan khas Manado. Kue ini sudah ada dari jaman penjajahan Belanda dulu. Pernah cobain kan?
Klappertaart
Kue CubitTau ngga sih kalau makanan ini sebenarnya diadaptasi dari cemilan dari Belanda yang namanya poffertjes? Makanan jenis ini muncul pas jaman penjajahan Belanda dan dikenal sebagai panekuk mini. 
Kue Cubit
Kue KastengelsLagi-lagi dari jaman Belanda. Kastengels sendiri berarti stik keju. Kue ini terkenal banget saat penjajahan Belanda, karena mereka sering banget bawa kue ini. Kamu juga pasti suka kan sama kue ini apalagi pas lebaran, ugh jadi serbuan massa deh!
Kastengels
Sup Brenebon
Sup kacang merah khas Manado ini juga dikenal dari jaman Belanda, karena orang Indonesia mengadaptasinya dari makanan Belanda. Bedanya adalah kalau brenebon di Indonesia punya kuah bening, sedangkan di Belanda kuahnya lebih kental. 
Sup Brenebon
Kue Bolen atau Bolang-Baling
Kita mengenalnya dengan nama roti goreng atau bolang-baling, dan hampir mirip sama donat. Makanan ini juga diadaptasi dari makanan di Belanda, namanya olliebolen yang biasanya dijadikan makanan untuk menemani saat ngeteh. 

Kue Bolen
Ketan
Makanan yang dibuat dari beras ketan ini juga terkenal dari jaman dulu, biasanya dinikmati pakai taburan parutan kelapa yang sudah diberi sedikit garam biar gurih. Orang Makassar menyebutnya Songkolo'.

Ketan
KleponKue yang berisi gula merah yang dicairkan ini juga enak banget dan terkenal dari dulu. Cara penyajiannya juga diberi taburan parutan kelapa di atasnya. Kalo yang ini sih dari negeri asalnya Wa Kaa Kaa.. Onde mande eh...onde-onde... Mantap!

Klepon
Nasi Goreng
Wah kalau makanan yang satu ini sih kalian juga pasti sering makan ya! Nasi goreng lengkap pakai telur dan kerupuk juga sudah ada dari jaman dulu dan beruntung banget yang bisa makan nasi goreng.  Nah, kira-kira dari sekian banyak makanan dari jaman penjajahan di atas, mana yang belum pernah kamu cobain


Tau kan? eh lapar kan? silakan komentar dengan fb di bagian bawah setelah tulisan ini. (zul dari berbagai sumber)

Posting Komentar

0 Komentar