kop

BUTONMAGZ, media online yang tepat untuk mempromosikan usaha Anda. hubungi 082296017297. Kami menyediakan iklan baris dengan paket murah. Rp. 100 ribu per pekan. Transfer ke Rekening ButonMagz No Rek. (135) 004 02.01.000496-6. Kirim iklan Anda ke Whatshapp 0822-9601-7297. Gunakan kesempatan ini!

Deretan Hoax tentang Tragedi Lion Air JT610 yang Harus Berhenti Disebarkan


Hal miris dari sebuah peristiwa nahas adalah beredarnya kabar palsu alias hoax yang sulit dilacak sumber awalnya dari mana. Tujuannya juga tidak jelas, namun yang pasti mampu membuat suasana semakin keruh dan menimbulkan heboh yang sebetulnya tidak perlu.

Tragedi jatuhnya pesawat Lion Air JT610 pada Senin pagi (29/10) di perairan Karawang, Jawa Barat menyisakan duka mendalam bagi para keluarga korban dan warga Indonesia. Ada 178 jiwa yang melayang akibat kecelakaan ini.

Tim Basarnas sekuat tenaga untuk menemukan bangkai pesawat yang diduga tenggelam, serta berjuang menemukan ratusan korban. Dari selebriti hingga tokoh pemerintah ramai-ramai menyatakan belasungkawa dan mempercayakan kepada tim SAR.

Di tengah-tengah kejadian ini, ternyata masih ada oknum yang menyebarkan berbagai berita tanpa akurasi yang jelas. Tak tanggung-tanggung, di antaranya memang hoax. Sedihnya lagi, masyarakat yang menyebarkannya tidak tahu apakah itu hoax atau bukan.

Daripada bingung, berdasarkan pantauan Uzone.id berikut sejumlah hoax yang tersebar di dunia maya dan sudah saatnya berhenti dibagikan agar tidak timbul keresahan.


Foto penumpang pakai masker
Ini adalah hoax pertama yang tersebar dengan cepat di linimasa Twitter sejak kemarin sore. Ada sebuah foto yang diambil dengan kamera depan smartphone di mana sejumlah penumpang di dalam kabin pesawat sedang menggunakan masker oksigen. 

Dari berbagai akun Twitter yang menyebarkannya, mereka turut menambahkan tulisan bahwa foto itu diambil oleh seorang penumpang Lion Air JT-610 sebelum pesawat jatuh ke laut.
Hal ini dikonfirmasi oleh Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat di BNBP melalui akun Twitternya bahwa foto itu adalah hoax.


Video turbulensi pesawat
Tak lama setelah foto penumpang memakai masker oksigen, muncul video yang direkam oleh seorang penumpang pesawat di mana kondisinya saat itu sedang mengalami turbulensi yang cukup besar.

Video itu langsung dipercaya sebagai rekaman detik-detik menjelang kecelakaan Lion Air JT-610 setelah pesawat hilang kontak dengan pihak bandara. Tentu saja rekaman itu bukan berasal dari Lion Air JT-610.


Foto bayi selamat
Ada lagi foto hoax yang beredar dan mengaitkan hal tersebut dengan peristiwa Lion Air JT-610. Foto seorang bayi yang sedang menangis dan dianggap sebagai salah satu korban Lion Air yang selamat. Tentu hal ini ada hoax.

 
Foto bangkai pesawat
Sampai artikel ini diterbitkan saja bangkai pesawat Lion Air JT-610 belum ditemukan, lalu muncul foto bangkai pesawat yang terdampar di pinggir laut. Foto itu jelas bukan JT-610, melainkan Lion Air JT-904 yang mengalami musibah di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada 2013 silam. (Hani Nur Fajrina, Uzone).

Posting Komentar

0 Komentar