kop

BUTONMAGZ, media online yang tepat untuk mempromosikan usaha Anda. hubungi 082296017297. Kami menyediakan iklan baris dengan paket murah. Rp. 100 ribu per pekan. Transfer ke Rekening ButonMagz No Rek. (135) 004 02.01.000496-6. Kirim iklan Anda ke Whatshapp 0822-9601-7297. Gunakan kesempatan ini!

Indahnya Pesona Teluk Kota Baubau dari Puncak Mardadi


Angin Semilir begitu terasa sesaat setelah tiba di atas puncak batu. Ketenangan sangat terasa di atas puncak, yang terdengar hanyalah kicauan burung kecil yang hinggap di dahan pohon. Dari atas puncak batu, terdapat pemandangan yang indah. 

Terlihat ketenangan teluk Buton yang tenang dan pulau-pulau kecil lainnya. Inilah Puncak Indah Mardadi, salah satu destinasi wisata yang terdapat Desa LowuLowu, Kecamatan LeaLea, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

 Menurut penjaga Puncak Indah Mardadi, Aryani (40), dahulu, puncak tersebut merupakan kebun milik keluarganya. Namun karena keindahan dari atas puncak, membuat ayahnya, Ahmad Mardadi, menginginkan orang lain juga dapat menyaksikan keindahan atas puncak tersebut. "Ayah selalu menyaksikan keindahan ini sendirian. 

Dia ingin berbagi agar orang lain juga ikut merasakan betapa indahnya Teluk Buton dari atas puncak batu ini," kata Aryani, Rabu (30/12/2015). Perlahan-lahan, Ahmad kemudian mengubah kebun menjadi tempat wisata. Ahmad mengumpulkan uang pensiunnya untuk membangun tempat persinggahan. 

Dari hasil kerja kerasnya, pada tahun 2005, tempat tersebut mulai dibuka untuk umum. "Tahun 2011, puncak ini sudah terdaftar di Dinas Pariwisata Kota Baubau. Dulu kami sekeluarga tidak setuju kebun ini dibangun untuk menjadi tempat wisata. Tapi sekarang baru setuju, ternyata ini hasilnya banyak pengunjung baik lokal dan asing datang ke puncak ini," ujarnya. 

Aryani menuturkan, para pengunjung yang datang ke puncak biasanya warga sekitar Kota Baubau dan Kendari. Para pengunjung biasanya datang di pagi dan sore hari untuk melihat matahari terbit dan terbenam di atas ketinggian Puncak Indah Mardadi. 

"Kalau pengunjung datang dikenakan karcis masuk untuk dewasa sebesar Rp 2.000 per orang dan anak-anak Rp 1.000 per orang. Saat ini kami mau bangun fasilitas pelan-pelan, seperti kamar mandi dan juga tempat duduk," ucap Aryani. 
Pemandangan dari atas Puncak Indah Mardadi menyuguhkan pemandangan laut Teluk Kota Baubau, beberapa pulau dan pemandangan hijau dari hutan buton. Bila anda berkunjung Kota Baubau, jangan lupa untuk berkunjung ke Puncak Indah Mardadi, di mana waktu tempuh hanya sekitar 30 menit dari Kota Baubau. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Indahnya Pesona Teluk Kota Baubau dari Puncak Mardadi", 

https://travel.kompas.com/read/2015/12/31/091800627/Indahnya.Pesona.Teluk.Kota.Baubau.dari.Puncak.Mardadi. 

Penulis : Kontributor Baubau, Defriatno Neke

Posting Komentar

0 Komentar